RPP CONGRATULATING UNTUK KELAS X

para cendekiawan yang dimuliakan Tuhan.. kali ini aku mau share pengalaman ppl 1 aku... emmm.... langsung lihat aja ya ;)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Nama Sekolah            : SMK N 2 Kota Kediri
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/semester            : X/1
Materi Pokok              : Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan,menanyakan, 
Alokasi Waktu            : 2x pertemuan (180 menit)


Kompetensi Inti   :
KI 1 :  Menghayatidan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan proaktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranahabstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar :
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan  perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3 . Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan     perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang  benar dan sesuai konteks.



Indikator :
(sikap spiritual)
1.1.1    Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat.
1.1.2    Menenjawab pertanyaan  diberikan guru dengan antusias. 

(sikapsosial)
2.1.1    menunjukkansikappedulidenganteman
(pengetahuan)
3.3.1 Menirukanungkapan-ungkapan ungkapan perhatian dalam teks.
3.3.2 Mengidentifikasiungkapan-ungkapan perhatian dalam teks.
3.3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ungkapan  perhatian
(penerapan/ keterampilan)
4.3.1    Menyusun percakapan/teks monolog ungkapan perhatian
4.3.2    Menulis teks monolog tentang ungkapan perhatian
4.3.3    Memperagakan  percakapan tentang  ungkapan perhatiansecaraberpasangan /individu

Tujuan Pembelajaran
(Sikap spiritual)
Diberi motivasi, ditanamkan kemauan dan niat yang tinggi  dengan media gambar/
Audo/ video siswa dapat :
1.1.1    mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat.
1.1.2    menjawab  pertanyaan dengan antusias.

(Sikap sosial)
Diciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan siswa dapat:
2.1.1    Menirukan ungkapan perhatian dengan santun
2.1.2    Menunjukkan ungkapan kepedulian dalam kerja kelompok



(Pengetahuan)
3.3.1   Siswa dapat menentukankalimatungkapan yang sesuaidengan audio yang diperdengarkansecaratepat.
3.3.2    Siswadapatmenemukanartikatasulitdalamteks/ dialod yang menunjukkanungkapanperhatiansecaraaktif.
3.3.3    Siswa dapat mengdentifikasi ungkapan-ungkapan perhatian dengan benar dari teks yang diberikan melaluidiskusidengantemansebangku.
3.3.4   Siswa dapat menemukan  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ungkapan perhatian dengan benar yang diberikanmelauidiskusidengantemansebangku. 
3.3.5   Siswa dapat menggunakan  struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks ungkapan perhatian dengan benar yang diberikan melalui kegiatan diskusi dengantemansebangku. 
(Penerapan)
4.3.1 Siswa dapat menyusun percakapandanmendemonstrasikantentang ungkapan perhatian  dengan benar melalui kegiatan penugasanberpasangandengantemansebangkusecaratepatdanlancar.
4.3.2    Siswadapatmenulisteks monolog ungkapanperhatiansecaraindividudenganmenggunakan unsure kebahasaan yang tepat.
4.3.3 Siswadapatmendemostrasikanteks monolog yang dibuat di depankelasdenganpercayadiridanlancar.    

Materi :
Teks lisan dan tulis sederhana , untuk menunjukkan perhatian (Expression of care is). E.g.
A: happy new year !
B: Thank you. 

Fungsi Sosial :
Menjalin hubungan dengan guru, teman dan orang lain

Struktur teks :
- Greeting
- Conversation
- Expressing care (congratulating)
- Closing 
Unsur kebahasaan:
(1)   kataterkaitdenganhubungankekeluargaan, kerabat, danpertemanan.
(2)   Kata terkaitdenganungkapanperasaanbahagiadanucapanselamat.
(3)   Ungkapanmenggunakan kata kerja simple present tense.
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisantegakbersambung yang rapi.

 Metode :
Model pembelajaran   : Cooperative learning
Metodepembelajaran  :Pairs investigation, exercise 
Pendekatan   : Scientific
Metode   : Diskusi, Presentasi, Reflection

Media :
Laptop/computer, LCD.


Sumber :
 Audio

KegiatanPembelajaran 
1)      Kegiatan Pendahuluan

Waktu
-   Guru memmberi salam kepada siswadansiswmenjawabsalamdari guru

5 menit
-   Guru meminta salah satu murid untuk memimpin berdoa..
Ex : Let’s have a moment of silent please

-Guru mengecek kehadiran siswa ex : let’s me check your attendance



2)      Kegiatan Inti

Kegiatan 
Waktu
-    Mengamati
· Dengan arahan dari Guru, Siswa mendengarkan interaksi yang menunjukkan ungkapan perhatian.
25menit
· Dengan arahan dari guru siswa mengikuti interaksi yang menunjukan ungkapan perhatian.



Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi yang menunjukkan perhatian. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara mengungkapkanperhatiandengantemandan orang lebihtua.

          5 menit
- Mengeksplorasi
Dengan arahan dari Guru, Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasiberpasangandengatemansebangku.
        30 menit
-    Mengasosiasi
· Dengan bimbingan dari Guru, Siswa membandingkan ungkapan yang menunjukan ungkapan perhatian (ucapanselamat) yang telah dipelajari dengan ungkapan perhatianuntuktemansebayadan orang lebihtua.

        10 menit
-  Mengkomunikasikan
· Dengan petunjuk dari Guru, Siswa menunjukan/mempraktikan ungkapan perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
        5 menit
-   Dengan arahan dari Guru, siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning journal). 

3)      Kegiatan Penutup
Guru
-          Refleksi
Waktu
-   Guru memberikan kesimpulan hasil pembelajaran hari ini
10 menit
-   Guru memberikan kegiatan mandiri tidak tersturktur kepada siswa yang belumpresentasiuntuk membuat rekaman video tentangungkapanselamatsecaraberpasangan.

ASSESSMENT  
Procedure       :
·         Process Assessment
·         Final Assessment
Kinds of Assessment    :
·         Process Assesment         = do task individually
·         Final Assessment           =Oral and Written Test


Direction : Give your evaluation for each observation point following the criteria below :
5= excellent
4= good
3= fair
2= poor
1= bed












Process assessment
No.
NamaSiswa
Penilaian
Bertanya
Menjawab
Memahamiintruksi
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




Rubric Assessment Written Test
Aspects
Score
Tidiness
40
Coherency
30
Grammar
20
Spelling
10

Rubric AssessmentOral Test
Aspects
Score
Performance
40
Accuracy
30
Fluency
20
Communicative interaction
10


The Orientation of Final Assessment
Total Score = score result
                                 maximum score


               
Kediri, 18 Juli 2014
Mengetahui                                                                     

  Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran    






                           


Fadhilah S.Pd,M.Pd.                    `                              Diainji Sosialis S.Pd.
NIP. 19640627 198603 1 008                                    NIP. 19590515 157983 3 006


Activity  1
Choose the best answer based on the audio you have heard!
1.      Person 1: ……………………………
Person 2: thanks.
a.       Please accept my condolence
b.      That was a great show last night!
c.       I do hope you will be the winner
d.      That’s awfull!!

2.      Jeremy             :Ryan will celebrate his 17th birthday by the theme pirate.
Meley              :…………………. Would you come with me ?
a.       That’s amazing !
b.      I'm sorry to hear about Tim's problems
c.       Don’t worry
d.      I’m really glad to hear that.
3.      Daniel              :I will leave this country tomorrow for my better future.
Peter                : …………………………and take care of yourself.
a.       Good bye
b.      Oh…Congratulation
c.       Our thoughts are with you
d.      I will visit you someday
e.       Keep on spirit
4.      Petty    : how’s today Bill?
Billy    : ……………………………..
Petty    :that’s great !
Billy    : thanks.
a.       I get the best score for grammar.
b.      I really exited for this present!
c.       I gonna tell you later.
d.      I’ll call you then.
5.      El         : ………………………
Rose    : thanks.                     
a.       I’m happy to hear that
b.      You look so beautiful on stage
c.       Please accept my condolence
d.      Congratulation for your scholarship in Al Azhar

Activity 2
Repeat after the teacher !

·         That’s great !
·         That’s amazing !
·         That’s good idea !
·         I’m happy hear that !
·         That’s awesome !
·         Happy led day !
·         Happy new year!
·         Happy feast day !
·         Merry christmas !
·         Happy birthday !
·         Happy anniversary !
·         Have a nice sleep !
·         Have a nice dream !
·         Congratulation for…
ü  Your exam
ü  Your success
ü  Your promotion as director
ü  Getting on new job
·         My heartiest congratulations to you !
·         I convey my congratulation to you !

Activity 3
Read this congratulating card carefully !


Text Box: Dear Mark,
I’m sure you are in a good condition. I remember our first days high school. As your best friend  I’m proud to have witnessed your achievements  throughout the years. 
I am also grateful for all the times you were there for me and all of the great advice you have given me. I wouldn’t have wanted to share so much of my high school experience with any other person. I’m very happy to see that you’re graduating with flying colors.
 I wish you all the best and much successful endeavors coming in your college life. Please keep in touch.
Yours truly,
Allen
 







  

Activity 4
Find the unfamiliar words and discuss with your friend !


Activity 5
Make a dialogue in pairs about congratulating to someone and demonstrate in front of the class !




STUDENT’S WOKSHEET

Task 1       : Listening
Fill in the blank field based on the audio you have heard!
Text Box: Dear David,
………………. (1)on completing the requirements for your Certification. 

Doing all that extra work while continuing in your full time position was ………………(2) ambitious, and took a lot of effort and ……………(3) on your part.

I'm sure it was ……….(4) it all, knowing that your achievement will make such a positive difference in your career path. Well done! 

…………..(5), 
Rose







Task 2       : Reading
Choose the correct answer !

1.      Father : I hear that you have passed your examination, haven’t you ?
Dimas  : that’s right.
Father : ………….
Dimas : thank you.
a.       I’m glad you enjoyed your success
b.      I’d like to congratulate on your success
c.       You really think so.
d.      I thinkit’s good idea.

2.      Ali       : I was promoted to be a deputy of the department.
Jaka     :……………………….
a.       Get a better job
b.      Be careful
c.       Good luck
d.      That’s marvelous! Congratulation

3.      Siti       : I get the best score of IT
Rani     : I’m happy to hear that.
The underlined sentence means……………….
a.       Thanking
b.      Expressing regret
c.       Showing sympathy
d.      Showing pleasure




(questions 4- 6)
Graduation is a time to commemorate your achievements, anticipate for future opportunities, and embrace a world of infinite possibilities.
4.      The word commemorate is close meaning to………
a.       Ceremony
b.      Celebrate
c.       Solemnize
d.      Declare

5.      The word infinite is close meaning to………
a.       Free
b.      Unlimited
c.       Large
d.      Great

6.      That message is dedicated for…..
a.       Teacher
b.      Parent
c.       Students
d.      Employee
(Questions 7 –10)
Ari             : hi, Malika. You look so…………….(7)
Malika       :of course, I’m ……………………..(8)! I got 100 again in Math.
Ari             :…………………………… (9)congratulations!
Malika       : Mr. Amir will send me to a Math Olympic.
Ari             : wow !........................(10)

7.      a. beautiful
b. pretty
c. great
d. happy

8.      a. delighted
b. awesome
c. fine
d. cute

9.      a. I’m happy to hear that
b. please accept my condolence
c. what’s up ?
d. it will be ok


10.  a. certainly
b. I agree with you
c. that’s awesome
d. are you sure ?
Task 3
Fill in the blank using the words in the box !



Rounded Rectangle: Dear Ajeng,
You are like an………… who has come to my life to make me the …………..person in the world. I………….. this day a thousand times, as God has done a great ……….. by sending you for me.
I cannot give any thing but my…………. May you have the greatest life ahead and you ………….the cheerful and ……………person as you are always. My love will grow more just like your age. With these passing years my will become more……….  for you.
I wish you live for 100 years andwe………. old together to see many grand children. You will look very ………even when you are turn 60.
Lots of love
Agus
 










Learning Journal
Name   :................................................................................................
No.      :................................................................................................
Class    :................................................................................................
When I learn about expressing congratulation , I find something
difficult which are ...


  semoga bermanfaat ya,,, aku ikhlas kok ;)


                  

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.